Pendidikan Kesehatan Metode Group Cooperative Game Untuk Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Seks Pranikah
Abstract
Metode pembelajaran permainan kelompok kooperatif (group cooperative game) sesuai dengan tahap perkembangan kognitif remaja. Bidan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang seks pranikah dengan metode ini sehingga risiko-risiko yang ditimbulkan dari seks bebas remaja dapat diminimalisir. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap pre dan posttest intervensi pada kelompok intervensi dan kontrol. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan pre-posttest with control group design, dengan memberikan intervensi pendidikan kesehatan metode group cooperative game pada kelompok intervensi dan pemberian pendidikan kesehatan dengan metode penyuluhan biasa pada kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 9 Tangerang Selatan. Analisa data yang dilakukan meliputi uji t, independent t-test dan chi-square. Hasil penelitian rerata usia responden pada kelompok intervensi 16,1 bulan dan kelompok kontrol 16,6 bulan. Rata-rata responden laki-laki paling banyak pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu 72,2 dan 69,4% . Akses informasi terbanyak pada kelompok intervensi maupun kontrol melalui visual sebanyak 61,1 dan 69,4%. Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap pre-post intervensi pada kelompok intervensi dengan nilai P = 0,000, terdapat perbedaan pengetahuan post intervensi pada kelompok intervendi dan kontrol dengan nilai p = 0, 000, terdapat hubungan jenis kelamin dengan pengetahuan post intervensi, nilai P = 0,014 Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, group cooperative game, seks pranikah, pengetahuan dan sikapDownloads
Download data is not yet available.
Published
2019-12-04
How to Cite
Novita, H., & Dewi Haris, V. S. (2019). Pendidikan Kesehatan Metode Group Cooperative Game Untuk Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Seks Pranikah. Quality : Jurnal Kesehatan, 13(2), 62–67. Retrieved from https://ejournal.poltekkesjakarta1.ac.id/index.php/adm/article/view/85
Issue
Section
Artikel
Copyright & Licensing