INKORPORASI PEMBUATAN MODUL DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH BAGI PENDAMPING/PENYULUH ORANG DENGAN HIV/AIDS
DISTANCE EDUCATION FOR ADVISOR / EXTENDERS FOR PEOPLE WITH HIV/AIDS
Keywords:
Diskriminasi, HIV, ODHA, paralegal, stigmaAbstract
Saat ini, penderita HIV dan AIDS masih mengalami stigma, diskriminasi dan disinformasi. Pendidikan kepada para targeted stakeholders mengenai HIV dan AIDS dalam konteks hukum, kesehatan masyarakat, dan psikologi menjadi perlu dilakukan. Metode dalam kegiatan ini adalah inkorporasi antara pembuatan modul dan pendidikan jarak jauh yang memberikan kemudahan aksesdan bagi paralegal pendamping/penyuluh Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA). Tahap kegiatan yaitu: Membuat platform Pendidikan Jarak Jauh dalam bentuk online, Membuat rekaman mini lectures serta video audio-visual lainnya, Membuat modul mengenai Hukum, Kesehatan dan Komunitas, Melaksanakan Trial Session dan Focus Group Discussion dan Sosialisasi Program. Hasilnya adalah telah dilaksanakan pilot project pendidikan jarak jauh dengan menggunakan Google ClassRoom dilengkapi modul, materi pelatihan, video mini lecturer, studi kasus dan kuis, Pelatihan dilakukan selama 3 hari melibatkan klaster hukum, klaster kesehatan massyakarat, dan klaster psikologi. Peserta pelatihan sebanyak 27 orang paralegal dan mahasiswa fakultas hukum yang memiliki minat terhadap pendampingan ODHA. Pemahaman peserta pelatihan menjadi baik setelah mengikuti pelatihan. Disarankan agar kegiatan ini perlu disebarluaskan mencakup paralegal seluruh Indonesia.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2022-05-24
How to Cite
Rikawarastuti, R., & Siregar, K. N. . (2022). INKORPORASI PEMBUATAN MODUL DAN PENDIDIKAN JARAK JAUH BAGI PENDAMPING/PENYULUH ORANG DENGAN HIV/AIDS: DISTANCE EDUCATION FOR ADVISOR / EXTENDERS FOR PEOPLE WITH HIV/AIDS. GEMAKES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.36082/gemakes.v2i1.525
Issue
Section
Articles
Copyright & Licensing
Copyright (c) 2022 Rikawarastuti Rikawarastuti, Kemal N. Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.