PENERAPAN MODIFIKASI IREINE’S EDUCATION MODEL SEBAGAI SARANA PELATIHAN KADER POSYANDU DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN GIGI ANAK PRA SEKOLAH

https://doi.org/10.36082/gemakes.v4i2.1603

Authors

  • Tri Wiyatini Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Supriyana Supriyana Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Wahyu Jati Dyah Utami Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Khasiah Saadah Jurusan Kesehatan Gigi, Poltekkes Kemenkes Semarang

Keywords:

Ireine’s model, pelatihan kader, kesehatan gigi

Abstract

Upaya untuk merubah perilaku adalah melalui pendidikan kesehatan dengan metode pelatihan. Pelatihan berperan untuk  membekali setiap orang agar lebih kreatif, efektif dan efisiensi dalam       melakukan suatu kegiatan sehingga sesuai dengan tujuan dari program yang telah ditetapkan.  Sarana pelatihan kader yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Modifikasi Ireine’s Education Model dengan melibatkan peran kader posyandu. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader Posyandu dalam melakukan penyuluhan menggunakan metode ireine’s education model. Metode pengabdian ini meliputi presentasi, diskusi, praktik, dan pendampingan. Indikator keberhasilan dari pengabdian ini adalah pengukuran tingkat pengetahuan dan keterampilan kader sebelum dan sesudah pelatihan,  dengan jumlah sampel 25 kader posyandu yang dilaksanakan di Kelurahan Gedawang, Banyumanik, Semarang Jawa Tengah. Hasil pengabdian didapatkan pengetahuan kader tentang penyuluhan dalam kegiatan pengabmas pelatihan metode Ireine’s Education Model didapatkan nilai rata rata pengetahuan meningkat dari sebelum 4.5 setelah dilakukan pelatihan menjadi 9.5 Hal ini dikarenakan kader mendapatkan informasi baru karena adanya stimulus berupa pelatihan yang dilakukan degan metode ceramah dan diskusi, serta praktek atau latihan yang diberikan. Keterampilan kader meningkat dari 4 (16%) menjadi 22 (88%) hal ini karena ketersediaan fasilitas untuk belajar yaitu praktik penyuluhan yang dilaksanakan rutin saat kegiatan posyandu, sehingga memberikan  kesempatan kader untuk  melihat ,mendengar orang lain melakukan keterampilan dan mempraktikan sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-28

How to Cite

Wiyatini, T. ., Supriyana, S., Utami, W. J. D. ., & Saadah, K. . (2024). PENERAPAN MODIFIKASI IREINE’S EDUCATION MODEL SEBAGAI SARANA PELATIHAN KADER POSYANDU DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN GIGI ANAK PRA SEKOLAH. GEMAKES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 179–184. https://doi.org/10.36082/gemakes.v4i2.1603