PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN SISWI SDN TAMBAKMAS 03 DALAM MENGHADAPI MENARCHE

THE EFFECT OF HEALTH EDUCATION ABOUT MENSTRUATION WITH AUDIOVISUAL METHODS TO KNOWLEDGE STUDENTS OF SDN TAMBAKMAS 03 IN FACING MENARCHE

https://doi.org/10.36082/jmswh.v3i1.703

Authors

  • Devina Siti Nur Kholifah Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • KH Endah Widhi Astuti Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Siswiyanti Siswiyanti Poltekkes Kemenkes Surakarta

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Minarche, Metode audiovisual

Abstract

Menarche merupakan periode menstruasi yang pertama datang kepada diri seorang perempuan yang memasuki masa pubertas. Remaja putri memerlukan informasi terkait mekanisme menstruasi serta kesehatan saat periode menstruasi. Oleh sebab itu, memberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi dengan metode audiovisual menjadi salah satu upaya memberikan informasi dan juga memberikan perhatian kepada remaja putri sehingga mereka akan lebih tenang serta lebih siap dalam menghadapi menarche nantinya. Tujuan dari penelitian guna mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi dengan metode audiovisual terhadap pengetahuan siswi SDN Tambakmas 03 dalam menghadapi menarche. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimen design dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Teknik sampling menggunakan total sampling. Dengan jumlah sampel 30 responden kelas IV dan V di SDN Tambakmas 03. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini diketahui ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi dengan metode audiovisual terhadap pengetahuan siswi SDN Tambakmas 03 dalam menghadapi menarche sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang menstruasi dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Sehingga dapat di sarankan bahwa metode audio visual menjadi salah satu sarana penyampaian informasi yang efektif dan mudah diterima khususnya kepada para siswa karena siswa bukan hanya membaca tetapi dapat melihat gambaran nyata melalui video.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. (2013). Teknologi Pendidikam (Cet. 1). Remaja Rosda Karya.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Delima, M., Andriani, Y., & Lestari, T. (2020). Pendidikan Kesehatan Tentang Menstruasi Terhadap Kesiapan Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V dan VI. 2(2), 97–104.

Hapsari, Y. E., Widyastutik, D., Hapsari, E., & Yessy, M. (2021). Pengaruh Penerapan Pendidikan Kesehatan Tentang Menarche Dengan Metode Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Di SD N Sukorame 01. 21.

Kusmiran, E. (2014). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Pramono, T. (2016). Statistik Remaja Jawa Timur 2015. In Statistik Remaja Jawa Timur 2015. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Title. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta.

Sundayana. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Published

2022-11-30

How to Cite

Siti Nur Kholifah, D., Endah Widhi Astuti, K., & Siswiyanti, S. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN METODE AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN SISWI SDN TAMBAKMAS 03 DALAM MENGHADAPI MENARCHE: THE EFFECT OF HEALTH EDUCATION ABOUT MENSTRUATION WITH AUDIOVISUAL METHODS TO KNOWLEDGE STUDENTS OF SDN TAMBAKMAS 03 IN FACING MENARCHE . Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.36082/jmswh.v3i1.703

Issue

Section

Artikel