EFEKTIVITAS INTERVENSI EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI DALAM MENCEGAH PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK-ANAK: STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR
EFFECTIVENESS OF REPRODUCTION HEALTH EDUCATION INTERVENTION IN PREVENTING SEXUAL HARASSMENT AMONG CHILDREN: A CASE STUDY IN ELEMENTARY SCHOOL
Keywords:
Edukasi Kesehatan Reproduksi, Pencegahan Pelecehan Seksual AnakAbstract
Pelecehan seksual terhadap anak menjadi isu serius yang memerlukan perhatian khusus, terutama dalam aspek pencegahan melalui edukasi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi kesehatan reproduksi dalam meningkatkan pemahaman dan sikap anak-anak sekolah dasar terhadap pelecehan seksual. Sampel penelitian terdiri dari 81 siswa kelas 1 hingga kelas 6 SD Swasta X di Plaju, Sumatera Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test meningkat secara signifikan dibandingkan dengan pre-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi edukasi kesehatan memberikan pengaruh pemahaman dan sikap siswa terhadap pencegahan pelecehan seksual dan kesehatan reproduksi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan berbasis sekolah dengan materi interaktif dan diskusikelompok terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan keberanian siswa untuk melindungi diri.Downloads
References
Asmayawati, A., Wulandari, G., Hidayat, A., Kholifah, S., & Mubarok, A. (2024). Edukasi kesehatan reproduksi berbasis media dalam pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini di TKIT Nusantara Banten. Community Development Journal, 5(1), 1511-1518.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas. Buletin Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive studies and curriculum development (pp. 7—20). Cornell University Press.
Egresitz, Justin C., author., Millersville University of Pennsylvania, degree granting institution., Warner, Scott A., Millersville University, degree supervisor., Brusic, Sharon, Millersville University, degree committee member., & Shettel, Jennifer W., Millersville University, degree committee member. (2020). The impacts of project-based learning on the teaching and learning perspectives of early childhood education students / by Justin C. Egresitz. https://jstor.org/stable/community.31982674
Emilia, O., & Prabandari, Y. S. (2019). Promosi kesehatan dalam lingkup kesehatan reproduksi. Ugm Press.
Hamdani, A., Derullisa, J., & Muharani, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Memberikan Pemahaman Kesehatan Reproduksi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 2, pp. 380-389).
Handstand, S., Rasyid, A., & Rostina, J. (2019). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Siswa-Siswi TK. ARDIMAS: Jurnal Arsip Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25-31.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2024). Ringkasan data kekerasan. SIMFONI-PPA. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Marcelina, L. A., Samaria, D., & Trisnawati, W. (2023). Edukasi kesehatan reproduksi pada anak usia sekolah di MI Alam Robbani Bekasi. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 6(8), 3282-3290. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i8.10601
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., ... & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher.
Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Pschometric Theory (3rd ed). New York: McGraw-Hill.
Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis faktor dan dampak kekerasan seksual pada anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial “Humanitas” FISIP UNPAS, 3(2), 56-60.
Pujiastuti, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Pra Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 68-74).
Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Causing, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., Hermayanti, Y., Kosasih, C. E., & Mediani, H. S. (2022). Intervensi bagi orang tua dalam mencegah kekerasan seksual anak di Indonesia: Scoping review. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Widodo, S., & Anjani, R. (2018). Efektivitas edukasi kesehatan reproduksi untuk anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(1), 56-68. https://doi.org/10.12345/jpk.v23i1.456
Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48.
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015
Tribun News. (2024, August 16). Bocah SD izin nginep di rumah teman, ternyata sama cowoknya sampai berhubungan baru kenal di medsos. Tribun Jakarta. https://jakarta.tribunes.com/2024/08/16/bocah-sd-izin-nginep-di-rumah-teman-ternyata-sama-cowoknya-sampai-berhubunhan-abru-kenal-di-medsos
Wulandari, H. D., Handstand, A., & Jamal, A. (2024). Keputusan pembentukan satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) untuk menangani kasus kekerasan seksual (Studi kasus Universitas Negeri Surabaya). Journal Psikologi, 1(3), 1-14. https://doi.org/10.47134/pup.v1i3.2462
Widodo, S., & Anjani, R. (2018). Efektivitas edukasi kesehatan reproduksi untuk anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(1), 56-68. https://doi.org/10.12345/jpk.v23i1.456
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Rahmawaty Polempa, Milla Herdayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.