MODEL ABDOMEN MATERNITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KLINIS DALAM MENCAPAI KOMPETENSI ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL

MATERNITY ABDOMEN MODEL AS A CLINICAL LEARNING TOOL TO ACHIEVE COMPETENCE IN MIDWIFERY CARE FOR PREGNANT WOMEN

https://doi.org/10.36082/jmswh.v4i2.1429

Authors

  • Jujun Dwi Astuti Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Een Nuraenah Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  • Uswatul Chasanah Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Keywords:

Manikin Maternity, Leopold, Kompetensi Mahasiswa

Abstract

Tersedianya Manikin maternity model abdominal kehamilan terbuat dari bahan silikon yang serupa dengan perut ibu hamil asli yang dilengkapi dengan audio detak jantung janin (DJJ) sekitar 110 - 180 x/mnt, dapat memenuhi kriteria teknologi dan capaian kompetensi pada mata kuliah perawatan kehamilan yang harus dicapai oleh mahasiswa kebidanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas manikin maternity model perut dalam meningkatkan kompetensi siswa kebidanan untuk melakukan pemeriksaan leopold pada ibu hamil dan mengenali audio pencatatan jantung janin. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan desain penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilakukan pada dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Prodi D III Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Jakarta III. Sampel adalah sebagian mahasiswa Prodi D III Kebidanan Semester III dan V dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang. Kelompok perlakuan adalah sebagian siswa yang diberikan pendampingan, sedangkan kelompok kontrol adalah sebagian siswa tanpa pendampingan dalam menggunakan manikin maternity, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi, jenis data pada penelitian adalah data primer. Analisis data menggunakan data Kai Kuadrat, T-tes dan Regresi Logistik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah, A., Aprilina, H. D., & Setiawati, T. (2022). Pengembangan Phantom Antenatal Care Sebagai Media Edukasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemeriksaan Kehamilan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 18(2), 108. https://doi.org/10.26753/jikk.v18i2.971

Hidayah, A. (2016). Implementasi Proses Pembelajaran Praktik Laboratorium Mata Kuliah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan) Mahasiswa Semester II Program Studi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Jombang. Hospital Majapahit, 8(1), 34–41. http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/

Kebidanan, J., Kebidanan, J., Kesehatan, P., & Malang, K. (2022). PENGGUNAAN MODEL ABDOMEN SMART PADA PASIEN. 52–59.

Leopold, D. M., Kartikasari, D., Sari, C. A., & Budi, N. K. (2023). PEMBUATAN MATERNITY JACKET SEDERHANA SEBAGAI ALAT PERAGA PRAKTIKUM PEMERIKSAAN TINGGI FUNDUS UTERI PENDAHULUAN Laboratorium pendidikan merupakan unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan yang berupa ruangan tertutup atau terbuka , bersifat permanen . 7(2), 155–164.

Mardliyana, N. E., Puspita, I. M., & Ainiyah, N. H. (2022). Efektivitas Emas (Economic Maternity Simulator) Terhadap Peningkatan Skill Pemeriksaan Kehamilan Mahasiswa Kebidanan Universitas Muhammadiyah Surabaya. JOMIS (Journal of Midwifery Science), 6(1), 38–46. https://doi.org/10.36341/jomis.v6i1.2026

Profil Poltekkes Kemenkes Jakarta III.

https://poltekkesjakarta3.ac.id/

Published

2024-05-31

How to Cite

Dwi Astuti, J., Nuraenah, E., & Chasanah, U. (2024). MODEL ABDOMEN MATERNITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KLINIS DALAM MENCAPAI KOMPETENSI ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU HAMIL: MATERNITY ABDOMEN MODEL AS A CLINICAL LEARNING TOOL TO ACHIEVE COMPETENCE IN MIDWIFERY CARE FOR PREGNANT WOMEN. Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 4(2), 64–70. https://doi.org/10.36082/jmswh.v4i2.1429

Issue

Section

Artikel