HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI TPMB YUNI HERMANTO BANGKALAN

THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY LEVEL AND BREAST MILK PRODUCTION IN POSTPARTUM MOTHERS AT TPMB YUNI HERMANTO BANGKALAN

https://doi.org/10.36082/jmswh.v4i1.1104

Authors

  • Nurhasanah Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, Indonesia
  • Evi Yunita Nugrahini Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, Indonesia
  • Klanting Kasiati Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, Indonesia
  • Ahdatul Islamiah Jurusan Kebidanan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya, Indonesia

Keywords:

Tingkat Kecemasan, Produksi ASI

Abstract

Produksi ASI suatu proses yang melibatkan sistem hormon, yang mana proses produksi ASI sudah dimulai pada saat kehamilan. Salah satu masalah ibu menyusui adalah produksi ASI yang tidak mencukupi. Produksi ASI yang tidak mencukupi disebabkan oleh multifaktor, salah satu nya adalah faktor psikologis atau kondisi mental ibu sebanyak 60 %. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan ibu nifas dengan produksi ASI di TPMB Yuni Hermanto Bangkalan. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain analitik korelasi dengan cara Cross Sectional . Teknik sampel sejumlah 69 ibu dengan Random Sampling . Variabel independen tingkat kecemasan, variabel dependen produksi ASI. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan uji Spearman rho 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian kecil ibu yang tidak merasa khawatir dengan produksi ASI yang cukup (normal) sebanyak 24 orang (34,8%). Pada saat yang sama, 45 ibu (65,2%) takut produksi ASI tidak mencukupi. Analisis dengan uji Spearman's Rho menghasilkan nilai 0,010 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,0308 yang berarti H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat kecemasan ibu nifas dengan produksi ASI pada kategori sedang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kecemasan ibu berhubungan dengan produksi ASI. Dapat direkomendasikan agar ibu dapat berpartisipasi dalam pencegahan kecemasan pascapersalinan apabila kecemasan pascapersalinan berpengaruh terhadap produksi ASI ibu. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. A. (2022). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Produksi ASI Pertama Pada Ibu Melahirkan Spontan di Ruang Mawar RSUD Dr.H Soewondho Kendal . Jurnal Surya Muda, 4.

Andina. (2018). Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui, Teori dalam Praktik Kebidanan Profesional. Pustaka Baru Press.

Kamariyah, N. (2014). . Buku Ajar Kehamilan. Jakarta: salemba medika.

Kanine, E. &. (2015). Hubungan faktor sosial ekonomi dengan kecemasan ibu primigravida di puskesmas tuminting. Jurnal Keperawatan, 3(2).

Kusumaningrum, A. T. (2021). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pola Menyusui pada Masa Pandemi Covid-19.

Kusumawati, P. D. (2020). Analisa Tingkat Kecemasan Dengan Percepatan Pengeluaran ASI Pada Ibu Nifas. Journal for Quality in Women’s Health,, 3(1), 101–109.

Mardjun, Z. K. (2019). Hubungan Kecemasan Dengan Kelancaran Pengeluaran Asi Pada Ibu Post Partum Selama Dirawat Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kasih Ibu Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Nugraheni, D. E. (2017). Metode Speos (Stimulasi Pijat Endorphin, Oksitosin dan Sugestif) Dapat Meningkatkan Produksi ASI dan Peningkatan Berat Badan Bayi. Jurnal Kesehatan.

Purwoastuti, E. &. (2017). Asuhan kebidanan masa nifas dan menyusui. Pustaka Baru Press.

R. Pranajaya, N. R. (2013). Determinan Produksi Asi Pada Ibu Menyusui. Jurnal Keperawatan,, IX, No. 2.

RI, P. (2010). Tentang Izin dan Dan penyelenggaraan Praktik Bidan. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Romlah, S. N. (2019). Pengaruh Pijat Oketani Terhadap Kelancaran Asi Dan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Nifas. Edu Dharma Journal, 3(2), 90.

Saraung, M. W. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Produksi Asi Pada Ibu Postpartum Di Puskesmas Ranotana Weru. E-Jurnal Keperawatan,.

Septi Kurniawati, S. (2021). Hubungan Teknik Menyusui Dengan Produksi Asi Pada Ibu Primipara. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 53–60.

Syari, M. A. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Produksi ASI pada Ibu Menyusui. Maternity and Neonatal: Jurnal Kebidanan, 10(1), 1–.

Ummah, F. (2014). Pijat Oksitosin untuk Mempercepat Pengeluaran ASI pada Ibu Pasca Salin Normal di Dusun Sono Desa Ketanen Kecamatan Panceng Gresik. Surya.

Wulansari, I. H. (2020). Hubungan Kecemasan Terhadap Produksi ASI Ibu Dengan Persalinan Seksio Sesaria. 2(2).

Published

2023-11-28

How to Cite

Nurhasanah, Yunita Nugrahini , E., Kasiati, K., & Islamiah , A. (2023). HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI TPMB YUNI HERMANTO BANGKALAN: THE RELATIONSHIP BETWEEN ANXIETY LEVEL AND BREAST MILK PRODUCTION IN POSTPARTUM MOTHERS AT TPMB YUNI HERMANTO BANGKALAN. Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36082/jmswh.v4i1.1104

Issue

Section

Artikel