PENGARUH PEMBERIAN JUS WORTEL DAN KOMPRES HANGAT TERHADAP NYERI HAID (DISMENORE) PADA REMAJA PUTRI

THE EFFECT OF CARROT JUICE AND WARM COMPRESSES ON MENSTRUAL PAIN (DYSMENORRHEA) AMONG ADOLESCENT WOMEN

https://doi.org/10.36082/jmswh.v2i2.503

Authors

  • Vera Suzana Dewi Haris Poltekkes Jakarta 1
  • Henny Novita Poltekkes Jakarta I
  • Marwati Biswan Poltekkes Jakarta I
  • Erni Erni Poltekkes Jakarta I

Keywords:

disminore, jus wortel, kompres hangat, remaja putri

Abstract

Penanganan dan pengawasan nyeri menstruasi disminore terutama pada hari-hari pertama sangat penting, karena sebagai titik penentu apakah remaja putri dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan normal, atau harus istirahat di tempat tidur yang diakibatkan oleh nyeri yang sangat hebat. Jus wortel dan terapi kompres hangat merupakan metode non-farmakologik untuk mengurangi nyeri disminore. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pemberian jus wortel dan kompres hangat terhadap  nyeri haid (dismenore) pada remaja putri siswi Pondok Pesantren Darul Rahman III Depok Tahun 2017. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu pretest-posttest one group design. Subjek penelitian adalah siswi remaja putri Pondok Pesantren Daarul Rahman III Depok, Jawa Barat. Analisis bivariat yang digunakan adalah Paired T-Test dan Chi-Square, untuk analisis multivariat digunakan regresi linier. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2017. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skala nyeri disminore antara pre dan post pemberian just wortel dan kompres hangat pada remaja putri siswi Pondok Pesantren Darul Rahman III Depok. Pemberian jus wortel dan kompres hangat berpengaruh terhadap penurunan skala nyeri haid. Pada setiap remaja putri yang tidak minum jus dan dikompres hangat selama 1 siklus akan menaikkan skor skala disminore sebanyak 0,685. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian jus wortel dan kompres hangat terhadap penurunan nyeri disminore pada remaja putri siswi Pondok Pesantren Daarul Rahman III Depok. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pemberian informasi kepada remaja putri melalui sekolah tentang jus wortel dan kompres panas dalam menangani dismenore.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allaettin. (2010). Faktor Risiko Dismenore.

Andarmoyo, S. (2016). Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri. Ar-Ruzz Media.

Astawan, M. (2008). Sehat Dengan Buah. Dian Rakyat.

Chayati, U. N., & Na’mah, L. U. (2019). Penerapan kombinasi pijat effleurage dan pemberian air kelapa hijau terhadap penurunan nyeri dismenore pada remaja putri usia 13-15 tahun. The 10th University Research Colloqium 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, 14–21.

Devi, N. (2012). Gizi Anak Sekolah. Kompas Media Nusantara.

Ermiatun, A. (2012). Pengaruh Pemberian Jus Wortel Terhadap Penurunan Derajat Nyeri Dismenore Pada Mahasiswa D III Kebidanan di Stikes Aisyiyah Yogyakarta. Stikes Aisyiyah Yogyakarta.

Ernawati, Hartiti T, H. I. (2012). Terapi Relaksasi Terhadap Nyeri Dismenore Pada Mahasiswi. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Hembing, W. (2007). Problema Haid Tinjauan Syariat Islam dan Medis. Tiga Serangkai.

Junizar, S. dan W. (2008). Pengobatan Dismenore Secara Akupuntur. KSMF Akupuntur Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangun Kusumo.

Kusmiran, E. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika.

Laila, N. N. (2011). Buku Pintar Menstruasi. Buku Biru.

Mirbagher, N. (2013). Comparing the Effect of Pure and Impure Honey on Severity of Pain, Amount of Bleeding, and Duration and Interval of Menstrual Cycles in Female Students with Primary Dysmenorrheal. 16(1), 279–82.

Murtiana, N. (2016). Nyeri Disminore Pada Remaja Putri di SMPN 11 Mataram Tahun 2015. In Sangkareang Mataram (Vols. 2, No 1, Issue ISSN No. 2355-9292).

Noravita. (2017). Pengaruh Pemberian Jus Wortel Terhadap Penurunan Tingkat Dismenore Primer Pada Mahasiswi DIV Bidan Pendidik Semester IV Di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi.

Puspita, N. L. M. (2018). Influence Of Carrot Juice And Avocado Juice To Dysmenorrhoea Pain In Adolescent Girls Untuk Mengetahui Perbedaan Efektifitas Pemberian Jus Wortel Terhadap Nyeri Dismenorea Pada Remaja Putri. Jurnal STIKES Pemkab Jombang, 1(1), 14–19.

Setyowati H. (2018). Kesehatan wanita berbasis hasil penelitian. s.n.

Sukarni I, M. (2013). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Nuha Medika.

Susanti, D. R., Utami, N. W., & Lasri. (2018). Hubungan Nyeri Haid (Dysmenorrhea) Dengan Aktivitas Belajar Pada Remaja Putri MTs Muhammadiyah 2 MALANG. Journal Nursing News, Vol 3(No.1), Hal 114-152. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/760

Wulandari, A. dan. (2015). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Andi Offset.

Zuliyati, I. (2013). Efektivitas Teknik Effleurage dan Kompres Hangat terhadap Penurunan Tingkat Disminore pada siswi SMA N 1 Gresik. Universitas Gresik.

Published

2022-06-06

How to Cite

Haris, V. S. D., Novita, H., Biswan, M., & Erni, E. (2022). PENGARUH PEMBERIAN JUS WORTEL DAN KOMPRES HANGAT TERHADAP NYERI HAID (DISMENORE) PADA REMAJA PUTRI: THE EFFECT OF CARROT JUICE AND WARM COMPRESSES ON MENSTRUAL PAIN (DYSMENORRHEA) AMONG ADOLESCENT WOMEN. Journal of Midwifery Science and Women’s Health, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.36082/jmswh.v2i2.503

Issue

Section

Artikel